HomeCinta Sehat ➟ Mengatasi Mual Muntah Saat Hamil

Mengatasi Mual Muntah Saat Hamil

Mengatasi Mual Muntah Saat Hamil dengan cara Akupunktur

Akupunktur yang dilakukan dalam kurun waktu 30 menit untuk 3 kali dalam sehari dilaporkan akan menurunkan frekuensi mual muntah saat hamil akibat hiperemesis gravidarum. Akupuntur saat hamil aman dilakukan, hanya dengan ahli akupuntur yang sudah bersertifikat dan sudah biasa menangani ibu hamil.

Jarum akupuntur yang ditusukkan ke beberapa titik saraf akan memicu pelepasan beberapa senyawa kimia otak, macam endorfin. Proses ini kemudian akan membantu meringankan gejala-gejala yang membuat ibu hamil tidak nyaman. Akupuntur dapat membantu meningkatkan keseimbangan yang ada dalam tubuh Anda.

READ ALSO : Mengatasi Mual Muntah Saat Hamil

Mengatasi Mual Muntah Saat Hamil dengan Obat resep dokter

Berdasarkan panduan yang diterbitkan oleh American Congress of Obstetricians and Gynecologists, mual muntah saat hamil akibat hiperemesis gravidarum dapat ditangani dengan obat-obatan seperti metoclopramide atau promethazine yang diberikan lewat infus. Sangat penting untuk diketahui bahwa promethazine dapat menyebabkan efek samping pusing dan distonia (terganggunya koordinasi otot). Sementara itu, metoclopramide dapat menyebabkan bibir kering.
Ada obat2 lain yang bisa diresepkan oleh dokter obgyn untuk mengatasi HG yang Anda alami seperti obat-obatan anti mual (anti-emetic), vitamin (B6 dan B12), steroid, atau kombinasi obat-obatan tersebut.

Wanita hamil yang sedang menjalani kemoterapi dan mengalami HG dapat diresepkan odansetron. Penting untuk diskusikan dulu dengan dokter mengenai obat yang akan digunakan dan kondisi kesehatan Anda pribadi.

Pemberian cairan secara intravena juga diperlukan, untuk mengganti cairan tubuh yang keluar agar tidak terjadi gangguan keseimbangan elektrolit.

Mengatasi Mual Muntah Saat Hamil dengan Obat herbal

Jahe memiliki efek aromaterapi yang dapat meningkatkan pergerakan saluran cerna dan dapat memblok respon mual. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, pemberian jahe sebanyak 1 gram selama 4 hari, dapat sangat menurunkan intensitas mual muntah pada ibu hamil.

Jahe sudah terbukti menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi mual muntah saat hamil tanpa adanya efek samping yang berbahaya. Secangkir minuman jahe hangat, teh jahe, bahkan permen jahe dapat membantu Anda mengatasi rasa mual.

You May Also Like

Dampak Kafein untuk Kesuburan Pria Penyuka Kopi

Sebenarnya kopi bisa bermanfaat bagi kesuburan pria, bila dikonsumsi sewajarnya. Beberapa penelitian yg telah dilakukan baik pada manusia maupun hewan, melaporkan bahwa kandungan kafein dalam minuman kopi dapat meningkatkan pergerakan atau motilitas sperma. Karena dengan lebih cepatnya sperma bergerak, diharapkan sel telur perempuan akan lebih cepat bertemu dengan sperma sehingga terjadi proses pembuahan. Kafein juga […]

Continue Reading